Minggu, 09 Februari 2020

Analisis brand nasional dan internasional

Analisa brand nasional dan internasional



Analisis brand nasional dan internasional

A. Brand Nasional
  1. Telkomsel

   Logo Telkomsel ini memiliki jarak pandang sekitar 200 meter. Karena logo Telkomsel memiliki desain yang sederhana dan mudah diingat oleh semua orang. Dan arti dari semua lambang yang ada pada logo tersebut adalah sebagai berikut :


• Lingkaran Elips Horizontal
Lingkaran yang membelah heksagon tersebut melambangkan penyelenggara jasa telekomunikasi domestik (PT.Telkom)
• Lingkaran elips vertikal
Melambangkan penyelenggaraan jasa telekomunikasi Internasional di Indonesia (PT.Telkom) sebagai salah satu “The Founding Father”
• Heksagon Merah
Melambangkan seluler, warna merah sendiri bermakna telkomsel berani dan siap menyongsong masa depan dengan segala kemungkinan
• Heksagon abu-abu kehitaman
Melambangkan Telkomsel selalu siap mengayomi dan terus memenuhi kebutuhan pelanggan, sedangkan warna abu-abu adalah warna logam yang berarti kesejukan, luwes, dan fleksibel
• Pertemuan dua lingkaran berwarna putih di atas heksagon merah
Melambangkan bentuk huruf ‘t’ sebagai huruf awal telkomsel. Warna putih pada huruf ‘t’ tersebut mengandung makna keberanian, keterbukaan, dan transparansi.

2. Indomie


Dilihat dari tampilan logo yang memadukan beberapa warna cerah tetapi tetap kontras dan enak diliat tidak merusak pandangan dan juga beberapa kata yang simple sehingga sekali baca langsung hafal. Dalam bidang makanan mungkin tampilan kemasan sangat berpengaruh ketika seseorang ingin membelinya. Produk ini tetap mencantumkan merknya dalam slogannya dimana agar para komsumennya selalu ingat dengan merk-nya.

Indomei memiliki memiliki 3 warna background merah, orange, hijau. Mengingat mie bertexture bergaris dan bergelombang memungkinkan indomie menggambar dengan tema bervariasi rasa maksud dari warnanya dan berkelok-kelok dari bentuk mie yang bergelombang tersebut. Dalam pemahaman saya warna-warna itu memiliki arti-artinya sendiri. Warna biru pada tulisan Indomie secara tidak langsung memberi pernyataan bahwa kami ada dan akan terus ada sampai kapanpun. Lalu warna merah digunakan untuk membuat produk ini mempunyai makna power, energi, kehangatan, cinta, nafsu, agresi, bahaya, berpendirian, dinamis, dan percaya diri ketika orang yang melihatnya. Sedangkan garis yang berwarna kuning bisa melambangkan bentuk mie serta kehangatan sebuah produk yang tidak mahal dan warna hijau melambangkan bahwa produk ini aman untuk di konsumsi.

 3. Pos Indonesia


Lambang Pos Indonesia adalah seekor burung merpati yang terbang dengan cepat. Di belakang gambar burung merpati terdapat gambar lingkaran. Di bawah kedua gambar tersebut terdapat tulisan POS INDONESIA.

Burung merpati adalah lambang jasa pos. Hal ini disebabkan karena pada zaman dahulu, masyarakat melakukan kegiatan surat menyurat dengan orang lain dalam jarak yang jauh menggunakan burung merpati pos. Adapun gambar lingkaran menggambarkan dunia.

Dengan demikian, lambang Pos Indonesia dapat digambarkan dengan seekor burung merpati pos sedang terbang dengan cepat. Burung tersebut mengelilingi Bumi.

Gambar tersebut dapat diartikan bahwa Pos Indonesia adalah jasa pengiriman surat yang dapat melayani ke semua penjuru dunia. Pengiriman itu dapat dilakukan dengan waktu yang cepat.

4. Sidomuncul


Logo sidomuncul memiliki jarak pandang lumayan tinggi, karena logonya memiliki ciri khas tersendiri yaitu berbentuk sebuah gelas dan tumbukan untuk meramu jamu. Maka setiap orang ketika pertama kali melihat logo ini sudah tau bahwa logo ini adalah logo sebuah produk jamu.

5. Wonderful Indonesia


 Wonderful Indonesia” adalah slogan yang tak bisa dipisahkan dari pariwisata Indonesia. Slogan ini dilengkapi dengan logo Wonderful Indonesia yang kini banyak berlalu lalang di berbagai foto destinasi Indonesia. 5 garis warna dan bentuk garuda dan tulisan ‘Wonderful Indonesia’ adalah ciri khasnya.

Selain itu makna dari logo wonderful Indonesia yaitu :
Bentuk logo yang membentuk konsep Garuda Pancasila sebagai dasar negara dengan pengolahan yang modern.
 5 garis warna yang menjadi simbol dan makna pancasila.
Warna yang dinamis dalam logo yang menyimbolkan dinamika Indonesia sebagai negara berkembang yang selalu dinamis.
Jenis huruf Wonderful Indonesia yang mengambil elemen otentik Indonesia.
B. Brand Internasional

  1. KFC

Tulisan “Kentucky Fried Chicken” yang ada pada logo terdahulu disingkat menjadi  “KFC”, pada awal 1990-an. Perusahaan ingin menghilangkan konotasi lemak dari kata “Fried (Goreng)”.
Gambar logo KFC menampilkan ikon endiri perusahaan yaitu Kolonel Sanders. KFC dikenal memiliki identitas visual yang sederhana dan luar biasa konsisten. Secara efektif mengakomodasi pergeseran visual dari industri makanan cepat saji, sambil menjaga komponen yang paling menentukan yaitu wajah sang Kolonel.
Gambar logo KFC telah dirombak beberapa kali, dengan fokus pada kesederhanaan dan kejelasan. Versi awal, menampilkan wajah Kolonel , yang diperkenalkan pada tahun 1952. Perusahaan ini memperkenalkan desain ulang pada tahun 1978, dengan sedikit perubahan dari jenis huruf dan penempatannya. Pada tahun 1991, baru ditingkatkan logo diadaptasi menjadi singkatan “KFC”, sebagai upaya untuk menggambarkan sebagai restoran makan  “sehat”. Versi logo disederhanakan lagi pada tahun 1997.
Gambar logo KFC yang eksis sampai saat ini diresmikan pada bulan April 2007, dengan Kolonel mengenakan celemek koki merah, yang dulu hanya merupakan jas putih. Ini dirancang oleh lembaga yang mencatat merek berbasis di San Francisco, Tesser. Logo mempertahankan elemen fundamental dari lambang kolonel, termasuk dasi kupu-kupu hitam, kacamata dan jenggot, sambil memperkenalkan skema warna cerah dan wajah yang lebih “ramah”.
Kolonel yang Tersenyum ditempatkan dengan latar belakang merah yang cocok dengan celemek merahnya. Nama merek adalah tertulis di bawah dadanya menggunakan warna hitam yang kuat.

2. So Good
Logo so good ini memiliki jarak pandang sekitar 100 meter, dan semua orang akan langsung mengenali apa maksud dari logo tersebut karena di dalam logo terdapat banyak gambar makanan. Yang mengartikan bahwa so good menjual berbagai makanan yang bagus dan warna hijau tersebut mencerminkan bahwa semua produk dari so good berasal dari alam (alami).

3. Samsung 



Bentuk Logo Samsung
Dua karakteristik membedakan logo Samsung dari logo lain adalah tampilan oval sederhana yang menjadi backgroung logo Samsung. Pertama, logo diputar sekitar sepuluh derajat dari sumbu x-, menciptakan rasa  yang dinamis. Kedua, nama “Samsung” keluar dari tanda oval, sehingga biasa dipahami tulisan samsung membelah oval tersebut.
Warna Logo Samsung
Warna biru pada logo Samsung menandakan kepercayaan, tanggungjawab, dan komitmen dalam pelayanan

4. Scout

Lambang WOSM (World Organization of Scout Movement) atau Organisasi Kepanduan Sedunia adalah logo atau lambang kepramukaan sedunia yang juga dijadikan sebagai lencana pada pakaian pramuka. Di Indonesia, lencana WOSM menjadi salah satu Tanda Umum Gerakan Pramuka (bagian dari Tanda Pengenal Gerakan Pramuka). Tanda ini dikenakan di baju seragam pramuka di dada sebelah kanan (anggota putra) dan kerah baju sebelah kanan (anggota putri).


Lambang WOSM terdiri atas gambar "fleur-de-lis" atau dikenal juga sebagai bunga lily dengan tiga ujung, kompas, dua bintang, yang dilingkari tali bersimpul mati. Gambar berwarna putih dengan warna latar (background) berwarna ungu.
Lambang "fleur-de-lis" ini telah digunakan oleh Baden Powell, Bapak Pramuka Sedunia, untuk disematkan kepada 22 anak laki-laki yang mengikuti perkemahan di Pulau Bwonsea pada 25 Juli - 2 Agustus 1907. Hingga kini lambang tersebut masih digunakan sebagai lambang WOSM (Organisasi Kepanduan Sedunia) dan banyak organisasi kepramukaan di berbagai negara


Arti dan Makna Kiasan Dalam Lambang WOSM



Lambang WOSM yang terdiri atas
1. Jarum kompas,
3. Bunga Lily "fleur-de-lis" atau "treefoil",
2. Dua bintang, dan
3. Tali melingkar bersimpul mati


Memiliki makna dan arti kiasan sebagai berikut :

Jarum kompas menunjuk ke atas (utara), memiliki arti sebagai pengingat bagi setiap pramuka agar senantiasa melakukan kebenaran dan menjadi pribadi yang dapat dipercaya. Selain itu untuk senantiasa menjaga cita-citanya dan perannya sebagai penunjuk jalan.

  1. Bunga Lily (fleur-de-lis) atau Bunga dengan Tiga Ujung, mengiaskan Tiga Janji Pramuka (Scout Promise)
  2. Dua bintang, melambangkan bahwa seorang anggota Pramuka selalu berupaya untuk dapat menjadi penerangan dan menolong dalam kebenaran dan pengetahuan.
  3. Tali melingkar dengan ujung membentuk simpul mati, mengiaskan bahwa antar sesama Pramuka di seluruh dunia selalu menjalin hubungan persahabatan dan persaudaraan.
  4. Warna putih, melambangkan jiwa Pramuka yang berhati suci dan bersih.
  5. Warna dasar ungu, memiliki arti bahwa Pramuka memiliki keterampilan kepemimpinan dan suka menolong orang lain.

5. YouTube


  • 1.    Dari segi logo pada youtube ini sangat simple dan sederhana sekali dimana hanya terdapat sebuah kubus dan di tengah tengah nya terdapat pemutar vidio atau play screen beserta tulisan Youtube sebagai logo suatu aplikasi sharing vidio dan music, sehingga sesorang yang melihat nya akan dengan mudah mengingat.
  • 2.    Dari segi ukuran dan bentuk hanya terdapat sebuah kubus dan playscreen dan di sertai tulisan “YouTube” dimana  memiliki ukuran yang tidak terlalu besar pada sisi sisi nya.
  • 3.    Dari segi warna dan juga tekstur dimana warna yang sangat dominan pada logo ini adalah merah cerah dimana disitulah yang menjadi ciri khas dari youtube, dan warna putih untuk pemutar vidio atau playscreen pada tengah tengah nya serta warna hitam tebal berisikan tulisan dari logo tersebut
  • 4.    Dimana pada logo terbaru terdapat tulisan youtube dimana logo lama tersebut hanya berisi screen play saja di logo yang terbaru terdapat tulisan nya yang berwarna hitam tebal
  • 5.    Dimana  tidak ada yang tau arti dari simbol tersebut. Tube adalah slang untuk pesawat televisi yang direpresentasikan lewat tabung hampa udara. Tube merupakan kata baku dari set tv . Pada logo yang baru penulisan YouTube telah digabung menjadi satu. Logo tersebut diubah karena youtube tidak memiliki hubungan langsung dengan dunia pertelevisian. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resume "User input with text field"

  Siti Fitrianah 18.01.013.120 Pemrograman Mobile D  Tutorial Membuat Text Field Menggunakan KivyMD 1. Sebelum melakukan kodingan kita haru...