Kamis, 07 Mei 2020

Tugas UAS Grafika Komputer

ANALISIS LOGO ATAU BRAND

DAN MEMBUAT LOGO/BRAND KARYA SENDIRI


SITI FITRIANAH
18.01.013.120
Informatika D 18
Grafika Komputer
Nawassyarif, S.Kom.,M.Pd
Universitas Tenologi Sumbawa
www.uts.ac.id



A.     A. Logo Perusahaan/Produk

1.    BKkbN

Gambar 1. Logo BKkbN
 

a.         Simbol Logo

·   Simbol pada sebuah logo BKkbN adalah menggambarkan sebuah keluarga yang terdiri  dari bapak, ibu dan 2 (dua) orang anak yang sedang menyambut pajar baru, yang berarti masa depan yang cerah. Pajar baru disimbolkan berupa garis lengkung yang melingkar di atasnya.

b.        Tipografi Logo

·    Tipografi BKkbN tersusun dari B, K, dan N yang menggunakan huruf capital. Sedangkan k dan b menggunakan huruf kecil sebagai penekanan pada kegiatan BKkbN yang konsisten mengembangkan perencanaan keluarga. Huruf kecil melambangkan egaliterisme, ramah dan dekat dengan keluarga Indonesia. Huruf besar melambangkan formalitas dan wibawa dari lembaga ini.


2.    Ades

Gambar 2. Logo ADES


a.    Simbol Logo

·   Ades merupakan perusahaan minuman yang belakangan mulai diperkenalkan pada konsumen. Ades memberi kesan ekonomis dan higienis pada kemasannya. Kemasan Ades dibuat simple agar mudah didaur ulang.

·     Jenis logo yang digunakan adalah gabungan logogram dan logotype karena menggunakan gambar dan tulisan. Namun secara khusus jenis logo ini adalah Abstract Logo karena menggunakan simbol/gambar yang dalam hal ini adalah tulisan Ades berwarna hitam serta dilengkapi tulisan kecil di sisi atas dan bawah tulisan Ades, serta dilengkapi dengan symbol daun hijau.

·     Pada sisi bentuk Ades terlihat simpel dengan paduan tulisan dan simbol daun. Bentuk daun menggambarkan kehidupan. Pada sisi warna pada logo Ades yaitu hijau, hijau muda, dan hitam.

·   Hijau diartikan sebagai bentuk alami, kesehatan, pandangan yang nikmat, kesuburan, masa muda, lingkungan hidup, pembaharuan dan memberi gambaran Ades yang Eco Friendly (ramah lingkungan) juga menggambarkan kampanye Ades yaitu langkah kecil untuk memberikan perubahan yang didukung.

·      Hijau muda diartikan sebagai alami, kesehatan, dan pembaharuan dan sebagai cerminan efek bagi yang mengkonsumsi Ades. Hitam diartikan sebagai kekuatan, kemewahan, kekuatan, kemewahan, dan warna hitam mewakili warna corporate Ades yang mewakilkan kesan kuat dan stand out.

·   Asosiasi logo dimana logo ini merupakan logo untuk perusahaan minuman kemasan. Bentuk logo berupa daun atau kincir yang memutar mencerminkan alam dan lingkungan, dan menggambarkan aksi ketika konsumen memutar dan meremukan salah satu botol Ades. Ini merupakan yang mewakili aksi kepedulian terhadap lingkungan.

 

b.        Tipografi Logo

·   Jenis tipografi menggunakan Sans Serif dan Script yan biasanya digunakan untuk sesuatu yang berkaitan dengan konsumsi yang modern dan kontemporer.

·    Kata “Air minum dalam kemasan” menggunakan font jenis Bradley Hand ITC dan merupakan ciri huruf script yang disimbolisasikan sebagai sifat pribadi dan akrab.

·      Sedangkan tipografi menggunakan jenis huruf roman pada Ades, kesan yang ditimbulkan adalah kalsik dan angggun.


3.    Mandiri

Gambar 3. Logo Bank Mandiri


a.      Simbol Logo

·      Jenis logo yang digunakan adalah gabungan logogram dan logotype karena menggunakan gambar dan tulisan. Namun secara khusus jenis logo ini adalah Abstract Logo karena menggunakan simbol/gambar yang dalam hal ini adalah bendera bergelombang emas dan dengan tulisan mandiri dalam huruf kecil yang dominan.

·         Pada sisi bentuk, logo Bank Mandiri dominan dengan tulisan mandiri dalam huruf kecil yang ditonjolkan.

·      Pada sisi warna yaitu menggunakan warna biru dan warna kuning emas. Warna biru melambangkan rasa nyaman, tenang, dan umumnya warna ini digunakan oleh perusahaan di bidang jasa. Sedangkan warna kuning emas menunjukkan keagungan, kemuliaan, kemakmuran dan kekayaan.

 

b.      Tipografi Logo

·         Tifografi logo yang menggunakan huruf kecil mencerminkan sikap ramah dan rendah hati.

·    Asosiasi logo pada lengkungan/bendera bergelombang dengan warna kuning emas yang menunjukan simbol kekayaan finansial di Asia dan lengkungan menunjukkan fleksibelitas dan ketangguhan atas segala kemungkinan yang akan terjadi. Pada sisi Balance, dapat dilihat bahwa pada logo ini memiliki campuran dari sisi warna yang seimbang pada warna kuning keemasan yang dipadukan dengan warna biru tua sehingga menjadikan keseimbangan yang baik.

·         Pada posisi bentuk dan warna, tulisan “mandiri” dijadikan dominan karena agar dapat ditangkap oleh pelanggan .

·         Tifografi menggunakan huruf roman, kesan yang ditimbulkan adalah klasik dan anggun

.

 

B.      B. Logo Buatan Sendiri

1.    Fafi Store

Gambar 4. Logo FAFI Store


a.      Simbol Logo

·         Fafi Store merupakan salah satu toko yang menjual berbagai macam peralatan hijab di Indonesia. Yag mana sImbol utama dari logo Fafi Store adalah seorang wanita yang sedang menggunakan jilbab, yang menunjukkan bahwa Fafi Store adalah brand atau logo sebuah toko Hijab.

·      Pada bagian atas gambar jilbab terdapat  3 buah bintang, yang mana bintang tersebut memiliki makna keindahan, dan ketiga bintang tersebut berfungsi sebagai mahkotanya seorang wanita yang berhijab.

·         Logo Fafi Store sendiri terdiri dari warna biru tua, merah muda, kuning dan putih.

·         Warna biru tua sering diasosiasikan memiliki kesan glamour, mewah, mudah/cocok dipadukan pada warna apa saja, dan kalem.

·       Warna pink sering diasosiasikan dengan feminine, wanita, muda, cantik dan lain-lain, sehingga ketika kita meggunakan produk dari Fafi Store akan terlihat lebih feminine, muda dan cantik.

·      Warna kuning sendiri memiliki makna kehangatan, keramahan dan keceriaan, warna kuning juga hampir sama dengan warna merah yaitu mampu menarik perhatian seseorang. Dan pada logo Fafi Store terdapat warna kilau cahaya dari warna kuning yang memiliki arti bahwa produk hijab di Fafi Store telah banyak diketahui dan dipakai banyak orang karena kualitasnya yang bagus..

·       Sedangkan warna putih sendiri sering diasosiasikan dengan bersih dan suci. Warna putih juga memiliki peran sebagai sebuah warna netral yang yang begitu bermanfaat dalam memperkuat kontras dalam komposisi sebuah logo. Warna putih pada logo Fafi Store sendiri memiliki makna seorang wanita akan terlihat bersih dan suci ketika menggunakan hijab.

 

b.      Tipografi Logo

·      Logo Fafi Store dominan menggunakan tipografi jenis Fantasi dan font Script MT Bold pada kata ‘Fafi Store’ yang berfungsi untuk mempergegas atau menarik perhatian pembaca, karena memiliki gaya yang halus, sopan dan akrab.

·        Fafi Store sendiri menggunakan tipografi jenis Sans Serif pada kata ‘Hijabnya Perempuan Indonesia’, jenis huruf jenis Sans Serif ini memiliki kesan sederhana, tidak ramai namun tetap manis. Penggunanaan warna hitam pada jenis font ini berfungsi untuk mempertegas maksud dari logo tersebut.

·         Kata FAFI sendiri adalah kepanjangan dari Faijar dan Fitri, yang mana merekalah pendiri dan pemilik dari toko FAFI Store tersebut


 

3.    Bakso Aci v3 JELES

Gambar 5. Logo Bakso Aci v3 JELES


a.       Simbol Logo

·      Logo Bakso Aci v3 JELES adalah logo sebuah perusahaan Bakso Aci, yang mana terdapat pada gambar utama yaitu terdapat 2 (dua) mangkuk bakso aci.

·      Pada gambar 2 (dua) buah mangkuk bakso aci di logo tersebut memiliki emotikon yang menggambarkan perasaan dari sebuah bakso aci yaitu Jeles atau cemburu, makna jeles pada kata ‘v3 JELES’ tersebut menggambarkan rasa dari bakso acinya yang jeles, tepatnya pedas.

·    Dan bentuk lingkaran tersebut memiliki arti konsentrasi, ketepatan target dan kemananan. Yang mana ketika orang melihat logo BaksO Aci v3 JELES akan lebih jelas karena dikelilingi oleh sebuah lingkaran dan tidak terganggu oleh objek lain. Simbol lingkaran tersebut memiliki makna bahwa produk Bakso Aci tersebut aman untuk dikonsumsi karena terbuat dari bahan alami dan tidak menggunakan pengawet buatan.

·      Logo bakso Aci v3 JELES menggunakan warna utama kuning, putih, abu-abu, merah dan hitam.

·    Warna kuning sering diasosiasikan dengan kehangatan, keramahan dan keceriaan, warna kuning juga mampu menarik perhatian seseorang. Warna kuning pada logo ini memiliki maksud agar orang-orang tertarik untuk menikmati bakso aci dan seseorang akan senang ketika menikmati bakso aci tersebut karena pelayanannya yang ramah dan rasa dari bakso acinya yang amat penuh kehangatan.

·    Warna putih sendiri sering diasosiasikan dengan bersih dan suci. Warna putih juga memiliki peran sebagai sebuah warna netral yang yang begitu bermanfaat dalam memperkuat kontras dalam komposisi sebuah logo. Warna putih pada logo Bakso Aci memberikan arti bahwa tempat dan produk bakso aci v3 jeles bersih dan higienis.

·      Warna abu-abu menunjukkan bahwa warna bakso acinya berwarna putih keabu-abuan.

·      Warna merah pada kata ‘v3 JELES’ menunjukan rasa jeles/pedas pada rasa bakso acinya.

·      Dan warna hitam pada bingkai/border lingkarannya memberikan kesan mewah dan penegasan pada logo tersebut.

 

b.      Tipografi Logo

·    Tpografi pada logo tersebut menggunakan jenis Slab Serif yang memiliki kesan sebagai penarik perhatian calon pelanggan ketika pertama kali melihat logo Baksi Aci v3  JELES tersebut.

·       Kata v3 sendiri adalah kepanjangan dari kata ‘Fitri’ yang ketika kita lapalkan kata v3 tersebut menggunakan Bahasa inggris maka akan terdengar kata ‘Fitri. Fitri adalah pendiri perusahaan Bakso Aci tersebut.


Silahkan download disni !

download



1 komentar:

  1. Nama : SITI FITRIANAH
    NIM : 18.01.013.120
    Kelas : Informatika D 18

    M"saya logo-logo di atas yang buatan sendiri sudah sangat bagus dan cocok sesuai tema dan kebutuhan masing-masing. Hanya saja masih memiliki kekeliruan pada judul logo Fafi Store, yg seharusnya bisa dirubah menjadi Fafi Hijab karena gambar dari logo tersebut menggambarkan hijab. Jadi sudah jelas bahwa logo tersebut adalah logo dari sebuah perusahaan atau toko hijab, dan untuk kedepannya perlu diperbaiki penggunaan warnanya agar lebih terlihat soft dan nyaman dipandang serta dipadukan dengan background atau latarnya".

    Untuk logo bakso aci sendiri sudah sangat bagus dan pas dan gambar logonya terlihat unik dan menarik untuk dipandang.

    BalasHapus

Resume "User input with text field"

  Siti Fitrianah 18.01.013.120 Pemrograman Mobile D  Tutorial Membuat Text Field Menggunakan KivyMD 1. Sebelum melakukan kodingan kita haru...