Senin, 26 Oktober 2020

Apa itu Kecerdasan Buatan


 

Nama                          : SITI FITRIANAH

NIM                             : 18.01.013.120

Kelas                           : Kecerdasan Buatan B

Dosen Pengampu       : Herfandi, A.Md.,S.Kom.,M.Kom


KECERDASAN BUATAN
(Artificial Intelligent)
 


  1.  Apa itu Kecerdasan Buatan

Kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang ditambahkan oleh manusia ke dalam suatu sistem teknologi, diatur dan dikembangkan dalam konteks ilmiah, bentukan dari kecerdasan entitas  ilmiah yang ada. Kecerdasan buatan memodelkan proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan perilaku manusia.

Kecerdasan buatan adalah suatu studi mengenai bagaimana membuat komputer mampu melakukan hal-hal yang pada saat ini masih bisa dilakukan lebih baik oleh manusia. Jadi intinya definisi AI dapat terus dikembangkan, namun poin utamanya adalah bagaimana manusia menciptakan teknologi yang mampu berpikir seperti manusia itu sendiri.

Artificial Intelligence merupakan ilmu yang mempelajari tentang cara membuat suatu komputer atau mesin yang mana mesin atau komputer tersebut bisa melakukan hal-hal yang biasa dilakukan oleh manusia, mungkin bisa menyerupai atau lebih baik dari hal-hal yang biasa dilakukan oleh manusia. Kecerdasan yang dimiliki oleh manusia dimasukan kedalam suatu mesin atau komputer, agar mesin atau komputer tersebut dapat melakukan hal-hal yang biasa dilakukan oleh manusia itu sendiri. Artificial Intelligence digunakan dalam beberapa bidang seperti expert system, games, robotic, dan bidang lainnya.

 

2.       4 Stage of AI

a.     Sistem yang berpikir seperti manusia (Thinking Humanly)

Adalah sistem yang melakukan intropeksi. Dengan cara menangkap pemikiran manusia pada komputer. Sistem ini biasanya dicoba melalui eksperimen dari sel otak manusia yang berbeda.

b.    Sistem yang berperilaku seperti manusia (Acting Humanly)

Adalah sistem yang menyerupai tingkah laku yang dilakukan oleh manusia. Sistem ini biasanya diuji dengan cara membandingkan antara manusia dan komputer. Jika, yang menguji tidak dapat membedakan antara manusia dengan komputer tersebut maka komputer tersebut dikatakan lolos sebagai Artificial Intelligence.

c.     Sistem yang berpikir secara rasional (Thinking rationally)

Adalah sistem yang dikenal sangat sulit. Dikarenakan sering terjadi kesalahan dalam sistem ini. Kesalahan tersebut meliputi praktek ataupun prinsipnya. Sistem ini merupakan sistem penalaran komputasi.

d.    Sistem yang berperilaku secara rasional (Acting rationally)

Adalah suatu sistem yang dikatakan cerdas. Dikarenakan mampu menyerupai tingkah laku manusia dalam melakukan suatu hal ataupun kegiatan. Sistem ini juga mampu menggantikan tugas yang dilakukan oleh manusia.

 

3.       Contoh Penerapan Kecerdasan Buatan

a.     Virtual personal assistant (siri in apple)

Semua orang pasti mengenal asisten pribadi Apple yang bernama Siri. Siri adalah computer yang memiliki suara ramah dan bersahabat yang dapat membantu manusia dalam berinteraksi. Siri dapat membantu manusia menemukan informasi, memberi petunjuk, menambahkan acara ke dalam jadwal, membantu manusia untuk mengirim pesan dan Siri tersebut dapat digunakan hanya dengan memberikan perintah melalui suara seperti “Siri, di mana restoran Jepang terdekat?”, “Apa jadwal aku untuk hari ini?” atau “Ingatkan aku untuk menelpon (nama) jam tujuh” lalu Siri akan menanggapinya dengan mencari informasi atau menyampaikan perintah tersebut ke aplikasi lain. Oleh karena itu, Artificial Intelligence sangat penting diterapkan di aplikasi ini dikarenakan mereka dapat mengumpulkan informasi tentang permintaan manusia lalu menggunakan informasi tersebut untuk menemukan jawaban yang tepat. Sehingga manusia tidak perlu repot-repot untuk mencari satu-satu.

 

b.    Filter email di Gmail

Google menggunakan AI untuk memastikan bahwa hampir semua email yang diterima dalam kotak masukmu bersifat asli. Filter email di Gmail berupaya mengurutkan email ke dalam sejumlah kategori, yakni utama, sosial, promosi, pembaruan, forum, dan spam. Program ini membantu mengorganisir email-mu sehingga kamu pun lebih mudah melakukan komunikasi melalui email.

Contohnya, Gmail mengurutkan email menjadi 4 kategori tab yang berbeda, dan mengirim email spam ke dalam folder terpisah. Google juga mengklaim bahwa pemfilteran berbasis AI mencegah lebih dari 99% spam masuk ke kotak masuk email-mu.

 

c.     Meningkatkan Sosial Media

AI memudahkan pengguna untuk mencari dan berkomunikasi dengan teman dan rekan bisnis melalui sosial media. Manfaat penggunaan AI dalam sosial media bisa ditemukan pada LinkedIn. AI digunakan untuk membantu mencocokkan kandidat dengan pekerjaan dengan harapan dapat menciptakan kecocokan yang lebih tinggi antara bos dan karyawan.

Selain LinkedIn, AI juga digunakan pada Pinterest. Alat LENS Pinterest menggunakan AI untuk mengidentifikasi objek dalam gambar. Apabila kamu mengambil gambar objek menggunakan alat LENS Pinterest, fitur AI di didalamnya akan membantumu menemukan gambar objek serupa. Dalam beberapa kasus, kamu bahkan bisa menemukan penjual produk objek yang kamu ambil untuk melakukan pembelian.

 

 

  SEMOGA BERMANFAAT :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resume "User input with text field"

  Siti Fitrianah 18.01.013.120 Pemrograman Mobile D  Tutorial Membuat Text Field Menggunakan KivyMD 1. Sebelum melakukan kodingan kita haru...