Rabu, 28 Oktober 2020

Review 3 Jurnal AI

 

Nama                          : SITI FITRIANAH

NIM                            : 18.01.013.120

Kelas                           : Kecerdasan Buatan B

Dosen Pengampu        : Herfandi, A.Md.,S.Kom.,M.Kom


TUGAS REVIEW 3 JURNAL

PENERAPAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)

No

Judul Penelitian (Jurnal)

Metode yang digunakan

Kekurangan Aplikasi/Metode yang digunakan

Kelebihan Aplikasi/Metode yang digunakan

Hasil Penelitian

1

 

Implementasi Artificial Intelligence dalam Memetakan Karakteristik, Kompetensi, dan Perkembangan Psikologi Siswa Sekolah Dasar Melalui Platform Offline

Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif-deskriptif dengan subjek penelitian SD di kota Bantul, Yogyakarta

Aplikasi :

-   Aplikasi yang digunakan masih berbasis offline karena kondisi internet di Indonesia yang kurang stabil dan merata.

-   Jaringan yang digunakan untuk mengunduh aplikasi masih menggunakan tipe jaringan LAN, sehingga masih sulit untuk mensinkronkan data local pada masing-masing sekolah dengan data pusat/server

-   Ekspansi implementasi teknologi AI masih jarang ditemui di Indonesia.

 Metode :

-      Metode yang digunakan masih dalam tahap pengembangan sehingga masih memerlukan inovasi baru yang akan dating­

Aplikasi :

-    Aplikasi ini bertujuan untuk memetakan karakteristik, kompetensi, dan perkembangan psikologi siswa SD di Indonesia.

-    Penerapan dari aplikasi ini meningkatkan pembelajaran baru berbasis IPTEK

Metode :

-   Kelebihan metode ini adalah mampu menganalisis kebutuhan siswa, guru dan orang tua. Sehingga memudahkan untuk melakukan proses pembelajaran.

Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat di-ekspansi ke seluruh SD yang ada di Indonesia. Melalui teknologi AI, berbagai langkah yang penting dapat dilakukan dengan dasar pertimbangan yang matang dan diharapkan menghasilkan keputusan yang tepat. Misalnya dalam perpindahan siswa antar sekolah, dapat didata secara online melalui data yang diperoleh dari sekolah asal.

2

Penerapan Artificial Intelligent dalam Proses Industri Manufaktur

Genetic Algorithm, Simulated Annealing, Tabu Search dan Immunue Algorithm

Aplikasi : sulit diselesaikan dengan cara teknik konvensional

Metode : tinjauan otimasi selanjutnya tidak dapat memberikan penyelesaian terbaik dan masih terdapat pembatas-pembatas sistem.

Aplikasi : Aplikasi ini sistem manufaktur ini masih berpusat pada waktu, dimana performansinya bisa ditingkatkan dengan mengatur fungsi meminimasi waktu.

Metode : meminimalkan biaya, kelebihan bahan baku, memaksimalkan keuntungan dari operasi manufaktur.

Dapat menyelesaikan persoalan optimasi dalam Sistem Manufaktur dengan utilitasi sumber yang efisien.

3

Kecerdasan Buatan dalam Program Chatting untuk Merespon Emosi dari Teks Berbahasa Indonesia Menggunakan Teks Mining dan Naïve Bayes

Algoritma text mining dengan proses naïve bayes

Aplikasi :

-      Proses untuk mengenali emosi dari suatu teks masih terbilang lambat, karena setiap teks yang kita input harus menggunakan bahasa baku agar sistem bisa mencari keterhubungan kalimat dengan kelas emosi.

Metode :

-    Masih didapatkan nilai error sebesar 18% dalam pengujian terhadap data training.

-    Penelitian di bidang emosi merupakan sebuah proses yang kompleks karena dapat berubah secara dinamis.

-    Penelitian yang telah dilakukan sebagian besar masih menggunakan teks bahasa Inggris, sedangkan untuk teks berbahasa Indonesia masih jarang dilakukan.

Aplikasi :

-      Mampu merespon emosi dari kalimat teks berbahasa Indonesia menjadi sebuah emotikon untuk mengenali suasana emosi yang dirasakan oleh user.

Metode :

-   Sistem Interaksi manusia dan Komputer yang baik yang dapat mengenali, menginterpretasikan dan memproses emosi manusia, dalam hal ini emosi yang berasal dari teks.

Membuat sebuah model kecerdasan buatan dalam aplikasi chatting untuk merespon emosi dari kalimat teks berbahasa Indonesia.

 



Silahkan download file pdf -Nya disini !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resume "User input with text field"

  Siti Fitrianah 18.01.013.120 Pemrograman Mobile D  Tutorial Membuat Text Field Menggunakan KivyMD 1. Sebelum melakukan kodingan kita haru...